Babi Erimanthios: Asal Usul, Simbol, dan Kisahnya

Babi Erimanthios

idnzero
- Bersumber pada Mitologi Yunani, Babi Erimanthios merupakan seekor babi hutan buas legendaris yang menghuni kaki bukit Eurystheas di Arcadia, Yunani. Gunung tersebut adalah wilayah suci dari Dewi Artemis (Dewi Perburuan, Dunia Liar, Hewan Liar, dan Perbukitan dari Mitologi Yunani).

Terkenal dengan keganasannya, Babi Erimanthios ini dapat menghancurkan segala sesuatu yang melewatinya. Ketika turun dari kaki bukit, makhluk ini merusak tanah pertanian Psophis, hewan ternak, bahkan merobek tanaman di sekitarnya.

Pada kisahnya, Hewan ini menjadi musuh keempat dari dua belas tugas Raja Eurystheas yang harus dilakukan oleh pahlawan legendaris Herakles. 

Penangkapan babi hutan besar ini bukan tugas yang mudah bagi Herakles karena ia harus membawanya hidup-hidup dari Gunung Erymanthus. Berdasarkan dalam sumber lain, berasal dari Gunung Lampe.

{getToc} $title={Table of Contents}

DATA MAKHLUK

Nama Makhluk Babi Erimanthios | ὁ Ἐρυμάνθιος κάπρος | aper Erymanthius
Mitologi Yunani Kuno

by Lucas Cranach the Elder

BABI HUTAN ERIMANTHIOS

#1. Tugas Keempat Herakles

Heracles diperintahkan untuk membawa babi hutan Erymanthian hidup-hidup untuk pekerjaan keempatnya. Dalam perjalanan pencarian, Herakles mengalami pertemuan yang tidak menguntungkan dan tragis dengan para Centaur, bernama Pholus, dan Chiron, pertemuan yang akan berdampak besar di masa depan.

Pholus adalah teman dari Herakles, mereka berdua kemudian bersantai makan siang dan membuka sebotol anggur. Dikarenakan baunya yang semerbak, membuat semua centaur digunung mendekatinya. 

Pesta besar diterjadi, Herakles dan bersama teman-teman centaurnya mulai kehilangan kendali. Tanpa sadar, Herakles menembakkan panah beracun ke arah teman-temannya dan membuat kerusuhan. 

Menurut satu catatan, sebuah anak panah secara tidak sengaja mengenai satu centaur Chiron, dan mengalami kesakitan. Namun, karena makhluk centaur abadi dan terus merasakan sakit dari anak panah beracun Herakles, Chiron meminta para dewa untuk menghilangkan keabadiannya. 

Chiron ingin menggantikan Titan Prometheus yang dirantai di puncak gunung dengan seekor Elang Kaukasus yang memakan harinya setiap hari. Permintaannya dikabulkan oleh para dewa, lalu elang memakan hari Chiron sampai ditembak jatuh oleh Herakles.

Herakles kemudian bertanya kepada Chiron bagaimana cara menangkap babi hutan itu; Chiron berkata bahwa dia harus memancingnya ke dalam salju tebal, sehingga membuat hewan itu sulit bergerak. 

Herakles mengikuti saran centaur dan berhasil menangkap binatang itu. Dia kemudian membawanya kembali ke pengadilan Eurystheus, yang setelah melihatnya, sangat ketakutan sehingga dia bersembunyi di dalam toples besar dan meminta Heracles untuk menyingkirkannya. 

Akhirnya Heracles menemukan babi hutan itu dan menakutinya dari semak-semak dengan teriakan keras. 

Setelah pengejaran yang lama, babi hutan itu kelelahan dan memaksanya masuk ke tumpukan salju, di mana ia dengan mudah ditangkap dan dibawa kembali ke Eurystheus. Dalam sebuah adegan komik yang menghiasi banyak guci Yunani, raja pengecut itu bersembunyi di dalam toples penyimpanan besar sampai Heracles mengambil babi hutan itu.

Orang-orang durhaka dari wilayah Delphoi (Delphi) yang dimukimkan kembali oleh Herakles. Karena pada saat dia mengambil babi hutan Erimanthios, dia mencari makanan dari mereka tetapi mereka tidak memberinya apa pun.

#2. Catatan Penyair Psaunias

Dari Penyair mashyur Mitologi Yunani yaitu Psaunias, setelah Babi Erimanthian berhasil dikalahkan dan menemui ajalnya dari pertarungan Herakles. Taring hewan buas tersebut menghiasi sebuah tempat perlindungan Apollo di Cumae, Italia. Akan tetapi, Psaunias masih ragu dengan klaim tersebut.

Nama Lampeia diambil dari gunung Lampeia, yang merupakan bagian dari pegunungan Erymanthos. Menurut Pausanias sungai Erymanthos bersumber di gunung Lampeia, yang disakralkan Pan. Daerah itu adalah bagian dari Arcadia. Karena tidak dapat diaksesnya, Lampeia melihat beberapa penyerbu. 

- Pausanias, Description of Greece, 8.24.4

PENUTUP 

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang makhluk Babi Erimanthios dari Mitologi Yunani. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sedulur. Purnaning Atur Matur Nuwun #CMIIW #UPGRADEYOURKNOWLEDGE

xclnoob NET

Meet me xclnoob NET, a mere mortal who happens to be a writer and illustrator. I channeled my thoughts and feelings into the words of my writing with passion and a sense of creativity.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak