Ankh, Simbol Kunci Kehidupan Mesir Kuno

Arti Simbol Ankh Mesir Kuno

idnzero - Pada zaman Mesir Kuno, sebuah simbol umumnya bermakna suci dan membawa pengaruh yang sangat besar dalam sejarah maupun kebudayaan. Salah satunya yang populer ialah simbol Ankh atau biasa disebut dengan salib Mesir.

Ankh dikenal sebagai simbol yang memiliki kekuatan hebat serta menjadi salah satu simbol tertua di dunia. Berbentuknya hampir mirip dengan salib, tetapi berkepala lingkaran yang lonjong. Selain itu, tiga lengan lainnya memiliki desain yang sedikit melebar saat menjauh dari pusat tengah. 

Batang horizontal salib sering kali melengkung ke luar di ujungnya. Bagian atasnya berbentuk lingkaran, yang menjadi pembeda dengan salib agama Kristen

Simbol tersebut ternyata sangat penting dalam berbagai budaya dan kepercayaan. Simbol tersebut masih populer dalam budaya modern, dunia fashion, dan maupun perhiasan. Namun, Ankh tetap menjadi perlengkapan permanen dalam budaya dan warisan Mesir.

Artikel ini akan membahas mengenai sejarah, arti atau makna, perbedaannya dengan salib dan penggunaan dalam perhiasan. Pasti penasaran kan? Berikut ini, rangkuman secara komprehensif yang menjelaskan tentang simbol paling mengagumkan dari Mesir Kuno ini:

{getToc} $title={Table of Contents}

SIMBOL ANKH MESIR KUNO

Sejarah Simbol Ankh

#1. Sejarah Simbol Ankh

Penemuan Simbol Ankh pertama ada di penggambaran hieroglif yang berasal dari tahun 3000 SM, bahkan diperkirakan lebih dari 5000 tahun yang lalu. Akan tetapi, para ahli percaya bahwa simbol itu sudah ada sebelumnya, dengan asal-usul yang berasal dari zaman kuno. 

Ankh dapat ditemukan di seluruh arsitektur dan karya seni Mesir kuno. Hal ini bahwa pentingnya makna dan simbolisme tersebut. Bahkan, Dewa, Dewi, dan bangsawan Mesir sering digambarkan dengan simbol Ankh. Selain itu, simbol ini juga kerap digambarkan sebagai persembahan dewa kepada raja atau ratu, yang diletakkan di bibir mereka. 

Dengan begitu, Ankh tidak mewakili dewa populer dari Mitologi Mesir, namun menjadi simbol dewa pemberi kehidupan yang murni.

Isyarat tersebut memiliki kemungkinan besar melambangkan para dewa yang memberikan kehidupan abadi, tentunya kepada para penguasa Mesir saat itu. Dengan begitu Firaun mengklaim bahwa dirinya adalah dewa. Tak hanya itu, Ankh juga sering terlihat di sarkofagus (tempat untuk menyimpan jenazah) dari banyak penguasa Mesir.

Sebenarnya telah banyak teori dikemukakan tentang sejarah dari simbol Ankh. Paling populer dari sejarawan Sir EA Wallis Budge yang berpendapat bahwa ankh mungkin berasal dari ikat pinggang Dewi Ibu Isis . Hipotesis ini kemudian didukung oleh Wolfhart Westendorf, yang mencatat bahwa ankh dan "simpul Isis" digunakan sebagai pengikat sabuk upacara. 

Di sisi lain, Sir Alan Gardiner berspekulasi bahwa itu mungkin tali dengan busur di sekitar pergelangan kaki. Menariknya, kata thong juga dieja ʿnḫ, meski bisa dilafalkan berbeda.

#2. Apa Arti Simbol Ankh?

Tidak diragukan lagi! Simbol Ankh memiliki makna yang jauh lebih dalam daripada kebanyakan simbol yang ada. Namun, makna simbol ankh yang paling disepakati dan populer adalah "kehidupan". Ankh ini juga diterjemahkan sebagai "nafas kehidupan" atau bisa juga disebut "kunci kehidupan". 

Orang Mesir, seperti banyak peradaban lainnya, memiliki konsep akhirat yang sangat maju. Jadi simbol Ankh tidak hanya mengacu pada kehidupan di bumi seperti yang kita kenal, tetapi juga kehidupan setelah kematian. 

Makna Simbol Ankh Mesir Kuno

Simbol ini juga bisa melambangkan pertemuan matahari dan bumi serta proses kehamilan. Nah bisa dibilang, maknanya berhubungan dengan gagasan tentang kehidupan. Dapat dilihat dalam hieroglif kuno, bahwa semua makna ini digunakan dalam turunan dari kata kehidupan:

  • Hidup
  • Kesehatan
  • Kesuburan
  • Memelihara

Tak hanya itu, Ankh juga digunakan dalam berbagai ungkapan ataupun sapaan positif, contohnya seperti:

  • Semoga hidup
  • Semoga panjang umur
  • Hidup dan sehat

Ankh juga kerap terkait erat dengan royalti dan keilahian. Bersangkutan dengan para dewa memberikan ankh kepada firaun dan ratu, para penguasa ini sering dihormati sebagai "pemberi kehidupan" bagi rakyat jelata.

#3. Perbedaan Simbol Ankh dan Salib 

Ankh dan Salib

Beberapa orang pasti sering salah mengira Ankh dengan salib Kristen adalah sama, karena keduanya memiliki bentuk begitu mirip. Perbedaan paling mencolok yang ada di salib Kristen adalah palang horizontal yang diletakkan di atas palang vertikal, sedangkan ankh memiliki palang vertikal yang diakhiri dengan lingkaran.

Dikarenakan makna ankh terkait dengan kehidupan dan akhirat, seringkali simbolisme ini mengambil untuk mewakili kelahiran, kematian, dan kebangkitan Yesus. Terkadang juga simbol ini digunakan terbalik untuk mewakili makna kebalikannya (kehidupan) menjadi kematian. Mirip dengan salib Kristen yang dibalik yang biasanya ditafsirkan sebagai sisi negatif dari iman yaitu Antikristus.

Jadi intinya Ankh dan Salib memiliki beberapa perbedaan karena adaptasi simbol Kristen awal. Namun pada hari ini, salib lebih dilihat sebagai simbol sekuler dan ankh sebagai simbol warisan Mesir.

#4. Simbol Ankh dalam Perhiasaan 

Dikarenakan simbol Ankh sangat mudah dikenali, akibatnya menjadi salah satu simbol kuno paling populer dalam seni dan mode kontemporer. Ini sering digunakan dalam perhiasan dan sering diukir pada anting, kalung, gelang, dan aksesoris lainnya. 

Makna positif dari ankh menjadikannya simbol yang mengundang di hampir semua bentuk dari mode maupun seni. Lantaran simbol ini adalah uniseks, sehingga cocok untuk pria dan wanita. 

#5. Simbol Ankh di Era Modern 

Ankh adalah salah satu simbol Mesir kuno yang paling indah dan populer, sehingga sering digunakan sebagai sinonim grafis untuk budaya ini. Menurut konteks ini, dan fakta bahwa banyak gambar dewa dan dewi Mesir memegang simbol ankh di tangan mereka, jadi diadopsi sebagai simbol dari agama Neopaganisme Mesir (Kemitisme).

Selain itu, ada banyak juga kultus Neopagan, Zaman Baru, dan Pagan lain yang menggunakan ankh sebagai simbol kekuasaan dan kebijaksanaan, atau untuk menunjukkan rasa hormat terhadap panteon Mesir. Hal ini dapat dilihat dari perhiasan seperti cincin dan kalung, yang terbuat dari perak bukan emas atau tembaga.

Desain dari Ankh yang simetris dan cantik masih populer di kalangan masyarakat modern. Walaupun menyimpan makna misterius dan penuh akan teka-teki, simbol ini mampu memiliki banyak implikasi positif. Malah kerap dianggap sebagai simbol positif untuk dikenakan.

KESIMPULAN 

Ankh adalah simbol suci Mesir kuno dan menjadi pusat kepercayaan mengenai kehidupan dan akhirat. Bentuk dari Ankh mirip dengan salib, namun dimahkotai dengan lingkaran tertutup, yang melambangkan kesejahteraan, kesehatan, dan kehidupan. Simbol ini berfungsi sebagai pegangan yang biasa dibawa oleh para Dewa Mitologi Mesir.

Selain itu, simbol Ankh juga sering disebut sebagai "kunci kehidupan" dan mewakili hubungan antara perjalanan kehidupan di bumi dan di alam kematian. 

PENUTUP

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang Simbol Ankh dari Mesir Kuno yang memiliki Makna Kehidupan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sedulur. Purnaning Atur Matur Nuwun #CMIIW #UPGRADEYOURKNOWLEDGE

idnzero

hanya seorang manusia biasa

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak