10 Rekomendasi Buku dan Novel Mitologi Yunani Terbaik

Rekomendasi Buku Mitologi Yunani

idnzero - Topik tentang Mitologi Yunani Kuno masih populer hingga saat ini. Mitologi ini membahas kisah-kisah tentang dewa dewi, pahlawan, mahkluk, bahkan sampai penciptaan alam semesta. 

Adapun cerita Mitologi Yunani yang populer hingga saat ini, antara lain dewa olimpus, tugas herakles, perang troya, makhluk-makhluk mitologi, perang besar dengan para titan, dan masih banyak lagi. Bahkan masih ada ribuan kisah lain yang juga tercatat di literatur maupun dari lisan ke lisan. Tentunya tak bisa dilewatkan! Walaupun masih menjadi banyak berdebatan mengenai kebenarannya, mengenai benar tidaknya sebuah mitologi itu. 

Akan tetapi, mitologi menjadi suatu cerita yang sangat menarik dan indah untuk dipelajari. Oleh karena itu, dengan berbagai kisah menarik, pikiran kalian dapat menuju ke ruang imajinasi yang asyik dan menakjubkan. Tak salah, jika sejak zaman dahulu banyak penyair dan seniman yang mengambil inspirasi, relevansi, dan makna dari Mitologi Yunani. Di bawah ini adalah 10 rekomendasi buku dan novel tentang Mitologi Yunani, dijamin bakalan menambah referensi bacaan kalian. Berikut ulasan lengkapnya yang wajib dibaca dan dimiliki:

{getToc} $title={Table of Contents}

Buku Mitologi Yunani

Buku Mitologi Yunani

#1. Mitologi Yunani - karya Edith Hamilton

Penerbit Lkis Pelangi Aksara
Tahun Terbit 2020
Jumlah Halaman 328 Halaman

Yang Pertama! Buku ini membahas mengenai kisah dari bangsa Yunani Kuno yang membuat dewa dewi mereka sendiri berdasarkan imajinasi mereka. Digambarkan dewa-dewi tersebut mendiami atas langit sebagai singgasanannya. 

Adapun juga, yang tinggal di bumi terkesan sangat ramah tamah, mereka ada di hutan, sungai, dan laut. Buku ini menceritakan banyak keajaiban di Yunani dan kisah menarik dari para dewa olympus, perang Troya, petualangan jason mencari bulu domba emas, percintaan Cupid dan Psyche, sampai kisah penciptaan alam semesta dan manusia. 

Masih banyak juga kisah luar biasa yang dijelaskan dibuku karya Edith Hamilton ini, dijamin bakalan menyenangkan mempelajari Mitologi Yunani dari sini.

#2. Mitologi Yunani: Mengupas Tuntas Mitos-Mitos Dalam Kebudayaan Yunani - karya Jonar Situmorang 

PenerbitANDI
Tahun Terbit2020
Jumlah Halaman258 Halaman

Kedua, dalam buku ini Jonar Situmorang mencoba menjelaskan mitologi dalam kebudayaan Yunani yang telah ada sejak zaman dahulu. Kebudayaan ini sangat kuat, dapat dilihat dari pengaruhnya sampai masa ini. Nama-nama dewa Zeus, Poseidon, Hercules, Hera akan dibahas secara gamblang beserta dewa dewi lain di Yunani.

Filsafat Yunani, juga dibahas dalam buku ini yang akan menjadi tambahan wawasan kita terhadap para pemikir dan kebudayaan di Negeri Sejuta Dewa tersebut. 

Selain itu, Jonar juga mengupas sejarah dari latar belakang Perjanjian Baru, karena ada beberapa kota di Yunani yang pernah dikunjungi oleh Rasul Paulus. 

Nama-nama kota tersebut menyinggung sebuah kebiasaan masyarakat kuno tentang pemujaan patung para dewa dan pendirian kuil suci.

#3. Kumpulan Mitologi dan Legenda Yunani & Romawi - karya E. M. Berens

Penerbit Bukune
Tahun Terbit 2010
Jumlah Halaman 336 Halaman

Ketiga ialah buku karya E.M. Berens. Dia menjadikan dua topik pembahasan mitologi legenda besar dalam satu buku yaitu Yunani Romawi. Dua Mitologi tersebut sangat menarik untuk dipelajari, terdapat banyak kisah tentang kesetiaan, permusuhan, pengkhianatan, kecemburuan, persahabatan, dan kesedihan.

Hal tersebut dapat dijadikan inspirasi serta pelajaran bagi kita semua. Banyak cerita keren pada buku ini antara lain 12 tugas Herakles, kelahiran pandora, kelahiran Dewi Aphrodhite, dan masih banyak lagi. 

Sangat direkomendasikan untuk dibaca!

#4. The Greek Myths - karya Robert Graves 

Penerbit -
Tahun Terbit 1955
Jumlah Halaman 782 Halaman

Mitologi Yunani menjadi puncak dari penelitian dan pengamatan selama bertahun-tahun. Dalam buku ini, cendekiawan Robert Graves menceritakan kembali semua mitos kuno di Yunani. 

Dengan bakat penulisannya, Graves membawa pengetahuannya tentang kisah dari Demeter, Icarus dan matahari, Theseus, sampai Minotaur dapat gaya menarik dan mudah untuk dipahami. Buku ini dapat memberi wawasan kebiasaan, kisah fantastis, dan perkembanggan Yunani yang lebih dalam. 

Tak tertandingi deh pokoknya super lengkap!

#5. Classical Mythology - karya Mark Morford dan Robert Lenardon 

Penerbit Oxford University Press
Tahun Terbit 2002
Jumlah Halaman 844 Halaman

Buku ini mencoba menceritakan kembali mitos dan legenda Yunani dengan gaya bahasa yang menarik dan jelas dengan sumber aslinya. Kombinasi antara komentar penulis dan narasi puitis membuat mitos klasik ini menjadi hidup bagi para pembaca.

Mark dan Robert, juga menuangkan kisah untuk dijelajahi dari dewa dewi, pahlawan, dan makhluk mitologi yang disempurnakan dengan 180 ilustrasi tambahan. 

Ilustrasi tersebut, dapat memudahkan pembaca dalam imajinasi kisah yang ada. Dengan begitu, membuat Classical Mythology menjadi deretan terbaik. 

Buku Novel Yunani

#6. Encyclopedia of Greek and Roman Mythology - karya Luke Roman dan Monica Roman

Penerbit Facts on File
Tahun Terbit 2010
Jumlah Halaman 548 Halaman

Hampir mirip dengan daftar ketiga, Buku ini menggabungkan mitologi Yunani dan Romawi. Seperti yang kita tahu bahwa dua mitologi itu, memiliki banyak kesamaan dan cerita. Mitologi tersebut mempunyai pengaruh budaya yang kuat di seluruh wilayah Eropa, Amerika, Afrika Utara, dan Timur Tengah.

Dikarenakan daya tarik yang memukau dari kisah-kisah yang ada di mitologi tersebut dan dapat diterima secara universal. 

Dari judul sudah keliatan, bahwa Ensiklopedia Mitologi Yunani dan Romawi ini membahas tokoh-tokoh mitologi yang paling terkenal dengan karya besar dari sastra klasik. Buku ini memiliki 548 halaman.

#7. The Song of Achilles - karya Madeline Miller

Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit 2019
Jumlah Halaman 488 Halaman

Kisah Perang Troya! Buku ini menceritakan keadaan Yunani di zaman para pahlawan. Dikisahkan seorang pangeran muda bernama Patroclus yang memiliki anak bernama Achilles. Dalam masa pengasingan oleh Raja Peleus, mereka berdua belajar seni perang dan pengobatan.

Akan tetapi, Patroclus ditentang oleh istrinya yang merupakan dewi laut yang kejam (Thetis) karena hubungan yang terlalu dekat. Setelah itu, terdapat kabar bahwa sahabatnya dari Sparta diculik. 

Dengan bimbang Patroclus bersama Achilles pergi ke Troy, yang akan menjadi kisah epik sekaligus ujian bagi mereka berdua. 

Novel ini sangat cocok bagi para penggemar Mitologi Yunani karena membawakan narasi dan kisah hubungan yang indah.

#8. A Thousand Ships - karya Natalie Haynes

Penerbit Harper
Tahun Terbit 2021
Jumlah Halaman 368 Halaman

Masih bersama dengan Perang Troya, Novel ini mencoba menceritakan kembali kisah perang tersebut, tetapi dari sudut pandang wanita yang terlibat. Natalie Haynes juga memperkenalkan beberapa karakter dari mitologi Yunani antara lain Helen, Briseis, Hecabe, Circle, dan Oenone.

Berawal dari kota kesayangan seorang wanita yang dilalap oleh api, dan perjalanan konflik sepuluh tahun antara orang Yunani dan Trojan. Berakhir, Trojan jatuh. Buku ini menggambarkan kisah epik seorang wanita yang kuat menghadapi kehidupan baru dengan seribu kapal. 

#9. The Heroes of Olympus - karya Rick Riordan

Penerbit Mizan Fantasi
Tahun Terbit -
Jumlah Halaman 598 Halaman

Buku Novel ini menceritakan tentang konflik antara dewa Yunani, Romawi, dan Gaia. Penulis asal Amerika ini, mengisahkan pertarungan besar melawan Tartarus, yang berdasarkan dalam Mitologi Yunani menjadi titik tergelap dan terdalam di Dunia Bawah.

#10. Percy Jackson - karya Rick Riordan

Penerbit Mizan Fantasi
Tahun Terbit 2009
Jumlah Halaman - Halaman

Terakhir adalah Percy Jackson! Ini merupakan serial novel terlaris hingga best seller di seluruh dunia dan menerima banyak penghargaan. Bahkan, salah satu karyanya ini diadaptasikan menjadi sebuah film keren. 

Percy Jackson adalah putra dari Poseidon, dewa laut Yunani. Dia menjadi manusia setengah dewa yang bisa melihat dan menembus kabut. Dengan berbekal ramalan anak dari tiga dewa besar, Percy terlibat dalam berbagai kisah petualangan epik yang berbahaya dan ditemani oleh beberapa sahabatnya.

Dari semua daftar diatas, apakah terdapat buku yang pernah sedulur baca?

PENUTUP

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang 10 Rekomendasi Buku dan Novel Mitologi Yunani. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sedulur. Purnaning Atur Matur Nuwun #CMIIW #UPGRADEYOURKNOWLEDGE

xclnoob NET

Meet me xclnoob NET, a mere mortal who happens to be a writer and illustrator. I channeled my thoughts and feelings into the words of my writing with passion and a sense of creativity.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak