12+ Daftar Piramida Terpopuler Mesir Kuno

Piramida Mesir Kuno

idnzero - Piramida Mesir Kuno adalah salah satu monumen paling menakjubkan dari peradaban masa lalu yang masih berdiri sampai sekarang. Selama ribuan tahun, raja dan firaun Mesir Kuno membangun bangunan ini sebagai makam setelah kematian. Salah satu keajaiban dunia kuno yang paling terkenal, piramida ini melambangkan keagungan dan kekuatan dari Kerajaan Mesir.

Walaupun orang Mesir Kuno pada saat itu sangat terbatas dalam teknologi dan peralatannya, tetapi mereka mampu membangun piramida yang besar dan kompleks. Piramida dibangun dari balok batu pasir dan granit yang beratnya bisa mencapai ribuan ton. Batu-batu ini dipotong dengan sangat presisi dan disusun dalam pola yang rumit untuk membentuk piramida yang sempurna.

Piramida Mesir Kuno tidak hanya dianggap sebagai makam raja dan firaun Mesir kuno, tetapi juga memiliki fungsi lain dalam masyarakat Mesir kala itu. Piramida juga dianggap tempat suci yang digunakan untuk ibadah dan upacara keagamaan. Selain itu, piramida juga menjadi simbol kekuatan dan kejayaan kerajaan Mesir Kuno serta menjadi tempat wisata populer bagi para wisatawan yang tertarik mempelajari sejarah dan budayanya. 

Hingga saat ini, banyak misteri dan rahasia terkait piramida Mesir Kuno yang belum terungkap. Ada banyak teori tentang bagaimana piramida dibangun dan bagaimana teknologi masa lalu mampu mencapai prestasi arsitektur yang membuat banyak orang takjub. Berikut ini ialah daftar lengkap Piramida Terbesar, Terbaik, Terpopuler, dan Tertua yang ada di Mesir Kuno.

{getToc} $title={Table of Contents}

DAFTAR PIRAMIDA MESIR KUNO

#1. Piramida Agung Giza

Piramida Agung Giza

Paling Populer! Terletak di tengah Dataran Tinggi Giza di Mesir, Piramida Agung Giza adalah satu-satunya piramida kuno yang masih bertahan. Bangunan ini juga dikenal sebagai Piramida Khufu. Piramida ini dibangun pada tahun 2560 SM untuk Khufu, firaun kedua dari Dinasti Keempat pada paruh pertama periode Kerajaan Lama.

Piramida Agung Giza menjadi yang terbesar dari kompleks piramida Giza dan dibangun dengan menggunakan sekitar 2 juta batu cor, batu kapur, dan granit. Piramida ini juga satu-satunya piramida dengan pintu putar yang ada di pintu masuknya. Pada awalnya, piramida itu ditutupi dengan batu kapur, sehingga membuat bagian luarnya halus. Namun pada saat ini, struktur inti bangunan bawahnya masih terlihat, dengan adanya batu nisan. 

Bagian dalam Piramida Giza terdiri dari tiga ruangan utama, antara lain Kamar Raja, Kamar Ratu, dan Penjara Bawah Tanah. Kamar raja adalah yang terbesar dan berisi sarkofagus firaun. Kamar Ratu,  lebih kecil dan lebih tinggi di  piramida, mungkin adalah ruang penyimpanan. Penjara bawah tanah, yang merupakan ruang terendah di piramida, belum selesai  dan mungkin digunakan untuk membalsem firaun.

Piramida Giza Mesir ini tidak diragukan lagi adalah salah satu piramida paling terkenal di Mesir. Beberapa teori ilmiah ataupun alternatif mencoba menjelaskan tentang teknik konstruksi Piramida Besar satu ini. Akan tetapi, hipotesis konstruksi yang paling umum adalah bahwa piramida ini dibangun dengan membuang batu-batu besar dari tambang lalu menyeret dan mengangkatnya ke tempatnya. 

Piramida ini dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno dan juga merupakan simbol warisan budaya Mesir. Meskipun telah berusia ribuan tahun, Piramida Agung Giza tetap menjadi bukti pencapaian luar biasa bangsa Mesir kuno dan penguasaan teknik arsitektur dan teknik mereka.

DinastiIV
FiraunKhufu
LokasiGiza
Tinggi / Alas146m / 230x230m

#2. Piramida Khafre

Piramida Khafre

Piramida Khafre adalah salah satu dari deretan piramida paling terkenal di Mesir, terletak di Dataran Tinggi Giza dekat Kairo. Piramida ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 2520 SM oleh Firaun Khafre, raja keempat dari Dinasti Keempat Kerajaan Lama. Piramida ini  merupakan piramida terbesar kedua di Giza dengan ketinggian 136 meter. Piramida ini memiliki alas berbentuk persegi dengan panjang setiap sisinya 215 meter. 

Piramida Khafre dikenal karena kesimetrisannya yang mengesankan dan piramida  utuh, yang merupakan batu besar yang berada di puncak piramida. Bagian dalam piramida ini terdiri dari tiga ruangan utama. Kamar pertama, yang terletak di dekat pintu masuk, adalah yang terbesar dan berfungsi sebagai ruang pemakaman firaun. Sedangkan, ruang kedua lebih kecil dan langit-langitnya terbuat dari batu ubin yang besar. Terakhir, ruang ketiga yang terkecil dan belum selesai. 

Berbeda dengan piramida lainnya, piramida Khafre masih utuh dengan batu penjuru asli  yang dipindahkan dari piramida lain untuk bahan bangunan. Dengan begitu, pengunjung dapat naik ke puncak piramida dan menikmati pemandangan gurun sekitarnya yang spektakuler dan piramida terdekat Menkaure dan Khufu. 

Walaupun telah berusia seribu tahun, Piramida Khafre memiliki arti khusus dalam sejarah Mesir dan dianggap sebagai salah satu monumen terpenting di dunia. Piramida ini adalah bukti keterampilan teknik luar biasa orang Mesir Kuno, yang membangun struktur megah ini hanya dengan menggunakan alat primitif dan tenaga kerja manual. 

DinastiIV
FiraunKhafre
LokasiGiza
Tinggi / Alas143m / 215x215m

#3. Piramida Djoser

Piramida Djoser

Berikutnya yaitu Piramida Djoser yang biasa dikenal sebagai Piramida Tangga Djoser. Bangunan ini menjadi salah satu piramida paling awal dan paling terkenal di Mesir. Dibangun pada abad ke-27 SM untuk Firaun Djoser, yang memerintah pada masa Dinasti Ketiga Kerajaan Lama. Terletak di pekuburan Saqqara, dekat Memphis, dianggap sebagai struktur revolusioner, Piramida Tangga Djoser menandai dimulainya era piramida di Mesir kuno.

Piramida Tangga Djoser sangat unik karena piramida ini terdiri dari enam mastaba (bangunan beratap datar) yang ditumpuk. Umumnya, mastabas mengecil saat menanjak, menciptakan efek seperti anak tangga. Piramida ini dikelilingi oleh kompleks bangunan, termasuk halaman, kuil, dan piramida yang lebih kecil. Kompleks ini kemungkinan besar digunakan untuk tujuan keagamaan dan upacara dan berfungsi sebagai tempat pemujaan firaun.

Piramida Djoser dianggap bangunan penting dalam pencapaian arsitektur dalam sejarah Mesir. Selain itu, bangunan ini merupakan struktur batu monumental pertama di Mesir dan menginspirasi pembangunan piramida-piramida berikutnya, termasuk Piramida Agung Giza. 

Piramida Djoser juga menandai titik balik dalam evolusi arsitektur Mesir, karena menunjukkan transisi dari penggunaan batu bata lumpur ke konstruksi batu. Piramida ini tetap menjadi tujuan populer bagi para turis dan cendekiawan, yang datang untuk mengagumi desainnya yang unik dan mempelajari sejarah budayanya yang kaya.

DinastiIV
FiraunDjoser
LokasiSaqqara
Tinggi / Alas62,00m / 109x121m

#4. Piramida Menkaure

Piramida Menkaure

Unik! Piramida Menkaure adalah piramida terkecil dari tiga piramida utama yang terletak di pekuburan Giza di pinggiran Kairo, Mesir. Biasa disebut sebagai Piramida Mykerinos ini, didirikan pada masa Dinasti Keempat Kerajaan Lama untuk Firaun Menkaure sekitar tahun 2510 SM. Piramida setinggi 65 meter ini awalnya dilapisi dengan batu kapur putih yang dipoles, sehingga memberikan tampilan yang cerah dan mempesona.

Piramida Menkaure ditemani oleh tiga piramida yang lebih kecil yang diyakini sebagai milik ratu firaun. Kompleks piramida ini berisi kuil kamar mayat, jalan setapak, dan kuil lembah. Kuil kamar mayat, yang terletak di sisi timur piramida, terhubung ke jalan lintas yang mengarah ke kuil lembah yang terletak di dekat sungai Nil. Kompleks ini berfungsi sebagai lokasi ritual pemakaman firaun dan tempat pemujaan bagi raja yang telah meninggal.

Jangan salah, meskipun merupakan piramida terkecil di kompleks Giza, Piramida Menkaure merupakan contoh arsitektur dan teknik Mesir Kuno yang menakjubkan. Sudutnya yang halus dan miring serta dasarnya yang relatif kecil membuatnya lebih stabil dibandingkan piramida lain yang berukuran sama. Bagian dalam piramida ini memiliki tiga ruangan, termasuk ruang pemakaman yang pernah menjadi tempat penyimpanan sarkofagus firaun.

Pada saat ini, Piramida Menkaure menjadi bukti abadi dari kecerdikan dan keahlian orang Mesir Kuno. Hal ini memberikan daya tarik populer bagi wisatawan yang datang untuk mengapresiasi arsitekturnya yang mengesankan dan menemukan warisan budaya Mesir yang kaya.

DinastiIV
FiraunMenkaure
LokasiGiza
Tinggi / Alas66 m / 102x104m

#5. Piramida Bengkok

Piramida Bengkok

Terletak di pekuburan Dahshur, sebelah selatan Kairo, Mesir, Piramida Bent adalah bangunan kuno yang luar biasa yang dibangun pada masa Dinasti ke-4 Kerajaan Lama. Dibangun pada masa pemerintahan Firaun Snefrou sekitar tahun 2600 SM, piramida ini berdiri pada ketinggian 101 meter, menjadikannya piramida tertinggi kedua di Mesir setelah Piramida Agung Giza. 

Kelihatan berbeda! Bentuknya yang unik membuatnya berbeda dari piramida lainnya, karena desain aslinya membutuhkan sudut 52 derajat, namun para pembangun terpaksa menyesuaikan bangunan ini menjadi 43 derajat karena masalah struktural, sehingga kemiringannya menjadi lebih miring dan terlihat bengkok.

Saat ini, Piramida Bent tetap menjadi tujuan populer bagi wisatawan yang datang untuk mengagumi strukturnya yang unik dan mempelajari budaya dan sejarah Mesir dahulu. Piramida ini merupakan bukti kecerdikan dan keterampilan orang Mesir Kuno, yang mampu membangun struktur yang mengesankan dengan hanya menggunakan alat sederhana dan tenaga kerja manual.

DinastiIV
FiraunSnefrou
LokasiDahshur
Tinggi / Alas189m /104x104m

#6. Piramida Merah

Piramida Merah

Piramida Merah, juga dikenal sebagai Piramida Utara, merupakan sebuah piramida Mesir Kuno besar yang terletak di Dahshur, sekitar 25 mil di sebelah selatan Kairo. Dibangun pada masa pemerintahan Firaun Sneferu, yang memerintah pada masa Dinasti ke-4 Kerajaan Lama, sekitar tahun 2600 SM. Piramida ini berdiri di ketinggian 104 meter, menjadikannya salah satu piramida terbesar di Mesir, kedua setelah Piramida Agung Giza.

Piramida Merah dinamai sesuai dengan warna kemerahan dari blok batu kapur yang digunakan dalam konstruksinya. Piramida ini diyakini sebagai upaya kedua Sneferu dalam membangun piramida dengan sisi yang mulus, setelah Piramida Bengkok. Piramida Merah terkenal karena sisi-sisinya yang relatif lurus, yang memungkinkan stabilitas yang lebih besar daripada piramida sebelumnya. 

Piramida ini juga memiliki interior yang mengesankan, dengan koridor pintu masuk yang panjang yang mengarah ke beberapa ruangan, termasuk ruang pemakaman yang pernah menyimpan sarkofagus Firaun. Meskipun terbuka untuk umum, Piramida Merah tetap menjadi salah satu piramida Mesir yang kurang terkenal, sehingga memberikan pengalaman yang lebih tenang dan lebih intim bagi para pengunjung.

DinastiIV
FiraunSnefrou
LokasiGiza
Tinggi / Alas92m / 144x144m

#7. Piramida Lahun

Piramida Lahun

Selanjutnya ialah Piramida Lahun, juga dikenal sebagai Piramida Senusret II merupakan piramida Mesir Kuno yang terletak di wilayah Faiyum, sekitar 100 kilometer sebelah barat daya dari Kota Kairo. Dibangun pada masa Dinasti ke-12 Kerajaan Pertengahan, sekitar tahun 1870 SM, untuk firaun Senusret II

Piramida Lahun dikelilingi oleh kompleks bangunan yang meliputi kuil kamar mayat, jalan lintas, dan kuil lembah. Kuil kamar mayat digunakan untuk ritual pemakaman firaun, sedangkan jalan lintas menuju kuil lembah yang terletak di dekat sungai Nil. 

Tak hanya itu, kompleks ini juga memiliki sebuah piramida tambahan yang diyakini sebagai tempat pemakaman ratu Senusret II. Bagian dalam piramida berisi ruang pemakaman dan koridor yang mengarah ke sana, yang dulunya dihiasi dengan relief dan prasasti berwarna-warni. 

DinastiXII
FiraunSenusret II
LokasiFaiyum
Tinggi / Alas-

#8. Piramida Userkaf

Piramida Userkaf

Terletak di pekuburan Saqqara dekat Kairo, Piramida Userkaf adalah piramida Mesir kuno yang dibangun pada masa Dinasti Kelima Kerajaan Lama untuk Firaun Userkaf sekitar tahun 2400 SM. Piramida ini merupakan salah satu piramida terkecil di Mesir, dengan tinggi hanya 49 meter, namun tetap merupakan contoh arsitektur Mesir Kuno yang luar biasa. 

Selain piramida, kompleks ini juga memiliki kuil kamar mayat, kuil lembah, dan jalan lintas. Perbedaan Piramida Userkaf dengan piramida lainnya adalah orientasi dan lokasinya. Tidak seperti kebanyakan piramida lain di Mesir, Piramida Userkaf tidak sejajar dengan sumbu utara-selatan, melainkan berorientasi pada sumbu timur laut-barat daya. 

Piramida ini memiliki pintu masuk yang tidak biasa karena berada di sisi utara. Selain itu, bagian dalam piramida terdiri dari ruang pemakaman dengan langit-langit berkubah dan sebuah poros yang mengarah ke ruang bawah tanah. Ukuran piramida ini tergolong kecil, namun menandakan bukti kecerdikan dan keterampilan orang Mesir Kuno dalam pencapaian arsitektur dan teknik mereka.

DinastiV
FiraunOuserkaf
LokasiSaqqara
Tinggi / Alas49m / 73x73m

#9. Piramida Hawara

Piramida Hawara

Piramida Hawara, dikenal sebagai Labirin, adalah sebuah piramida Mesir Kuno yang terletak di Oasis Fayoum, sekitar 70 kilometer di sebelah selatan Kairo. Dibangun pada masa Dinasti Keduabelas Kerajaan Tengah, sekitar tahun 1850 SM, untuk firaun Amenemhat III. Piramida ini mulanya memiliki tinggi 58 meter dan dikelilingi oleh kompleks bangunan, termasuk kuil kamar mayat dan struktur labirin. Labirin tersebut diyakini sebagai kompleks pemakaman dan terdiri dari lebih dari 3.000 ruangan dan koridor.

Yang membuat Piramida Hawara unik adalah struktur labirinnya, yang tidak seperti kompleks piramida lainnya di Mesir. Labirin ini terdiri dari beberapa tingkat, dengan banyak aula dan ruang yang digunakan untuk ritual pemakaman firaun. Labirin ini juga memiliki banyak lorong tersembunyi dan pintu rahasia, yang dirancang untuk membingungkan dan menghalangi para penyusup. 

Terlepas dari kerumitan, labirin ini pada akhirnya ditinggalkan dan telah rusak. Pada saat ini, hanya beberapa reruntuhan labirin yang tersisa, tetapi mereka masih menawarkan sekilas tentang arsitektur dan teknik yang mengesankan bangunan piramida dari Mesir Kuno.

DinastiXII
FiraunAminemhat III
LokasiHawara
Tinggi / Alas58m / 105x105m

#10. Piramida Teti

Piramida Teti

Kesepuluh! Piramida Teti adalah piramida Mesir kuno yang terletak di daerah Saqqara, selatan Kairo, Mesir. Dibangun untuk menghormati Firaun Teti, yang memerintah selama Dinasti Keenam Kerajaan Lama, sekitar tahun 2320 SM. Piramida ini berdiri di ketinggian sekitar 52 meter dan memiliki panjang dasar 78 meter. Kompleks piramida ini juga mencakup kuil kamar mayat, jalan setapak, dan kuil lembah.

Piramida Teti terkenal karena beberapa alasan. Pertama, ini adalah piramida pertama yang memiliki teks piramida yang tertulis di dindingnya. Teks-teks ini merupakan mantra dan mantera yang dimaksudkan untuk membantu firaun menavigasi akhirat. Kedua, piramida ini memiliki struktur bawah tanah yang tidak biasa yang dikenal sebagai "paviliun ruang pemakaman". Paviliun ini merupakan serangkaian koridor dan ruang yang saling berhubungan yang mengarah ke ruang tengah tempat sarkofagus firaun ditempatkan. 

Oleh karena itu, Piramida Teti terkenal sebagai salah satu piramida yang paling terawat dengan baik dari periode Kerajaan Lama dan tetap menjadi situs arkeologi penting di Mesir.

DinastiVI
FiraunTeti
LokasiSaqqara
Tinggi / Alas52m / 79x79m

#11. Piramida Unas

Piramida Unas

Piramida Unas adalah piramida Mesir kuno yang terletak di kota kematian Saqqara, dekat Kairo, Mesir. Piramida ini berdiri di ketinggian 43 meter dan dikenal dengan teks-teks piramida yang khas, yang terukir di dinding ruang pemakamannya. Teks-teks ini merupakan kumpulan mantra dan mantera yang dirancang untuk memandu dan melindungi jiwa firaun dalam perjalanannya menuju alam baka atau Duat. Piramida ini dibangun pada masa Dinasti ke-5 Kerajaan Lama, sekitar tahun 2345 SM, untuk firaun Unas

Bagian dalam Piramida Unas berisi beberapa ruangan, termasuk ruang pemakaman yang dulunya menjadi tempat penyimpanan sarkofagus firaun. Dinding ruang pemakaman ditutupi dengan teks-teks piramida, yang merupakan salah satu teks keagamaan tertua yang diketahui di dunia. 

Piramida ini juga memiliki serangkaian koridor dan ruang bawah tanah, yang digunakan untuk berbagai upacara yang berkaitan dengan pemakaman dan kematian firaun. Saat ini, Piramida Unas merupakan situs sejarah dan arkeologi yang penting, menarik pengunjung dari seluruh dunia yang datang untuk mengagumi arsitekturnya dan mempelajari sejarah budaya Mesir Kuno.

DinastiV
FiraunUnas / Ounas
LokasiSaqqara
Tinggi / Alas43m / 58x58m

#12. Piramida Meidum

Piramida Meidum

Piramida Meidum adalah sebuah piramida Mesir kuno yang terletak di daerah Meidum, sekitar 100 km sebelah selatan Kairo. Pada awalnya dirancang sebagai piramida berundak, namun diubah menjadi piramida yang pada umumnya. Dibangun pada masa pemerintahan Firaun Sneferu, yang memerintah pada masa Dinasti ke-4 Kerajaan Lama, sekitar tahun 2600 SM. Piramida ini berdiri di ketinggian 92 meter, tetapi bagian atasnya runtuh pada zaman kuno, meninggalkannya dalam bentuk terpotong seperti saat ini.

Piramida Meidum juga dikenal karena teknik konstruksinya yang unik. Dibangun menggunakan balok-balok batu kapur besar yang dibentuk dan dipoles agar pas satu sama lain, menciptakan permukaan yang halus. Bagian dalam piramida berisi serangkaian koridor dan ruangan, termasuk ruang pemakaman tempat firaun dimakamkan. Kompleks piramida ini juga mencakup kuil kamar mayat, jalan setapak, dan kuil lembah.

Terlepas dari ukuran dan konstruksi piramida yang mengesankan, piramida ini tetaplah misterius. Tidak jelas mengapa bagian atas piramida runtuh ataupun mengapa piramida ini mengalami perubahan. Beberapa teori mencoba menjelaskan bahwa piramida itu ditinggalkan selama pembangunan, sementara yang lain mengatakan piramida ini kemungkinan telah rusak akibat gempa bumi. 

DinastiIV
FiraunSnefrou
LokasiMeidoum
Tinggi / Alas92m / 144x144m

#13. Piramida Sahure

Piramida Sahure

Piramida Sahure adalah piramida Mesir kuno yang terletak di pekuburan Abusir, dekat Kairo, Mesir. Dibangun pada masa Dinasti Kelima Kerajaan Lama, sekitar tahun 2450 SM, untuk Firaun Sahure. Piramida ini berdiri di ketinggian 47 meter dan terkenal dengan kuil kamar mayat dan jalan setapaknya yang terawat dengan baik. Kompleks ini juga memiliki kuil lembah dan bahkan piramida tambahan.

Salah satu ciri khas Piramida Sahure ialah relief dan prasasti yang luas yang ditemukan di beberapa dinding kuil kamar. Hal itu, termasuk dengan kisah firaun yang mempersembahkan pengorbanan kepada para dewa, serta penggambaran kampanye militer dan ekspedisi perburuannya. Relief tersebut dianggap sebagai beberapa contoh terbaik dari seni Mesir Kuno dan memberikan wawasan yang berharga mengenai kepercayaan dan kegiatan keagamaan pada masa itu.

Piramida itu sendiri dibangun dengan sudut kemiringan 50 derajat dan awalnya memiliki selubung batu kapur putih yang halus yang telah dikupas. Bagian dalam piramida memiliki lorong menurun yang mengarah ke ruang pemakaman dengan atap berundak. Selain itu, piramida tambahan kemungkinan dibangun untuk istri firaun atau anggota keluarganya yang terletak di sudut tenggara kompleks.

Sekarang, Piramida Sahure tetap menjadi situs budaya dan sejarah yang penting dan menarik, sehingga pengunjung dari seluruh dunia yang datang untuk mengagumi arsitekturnya yang luar biasa dan belajar tentang asal usul Mesir Kuno.

DinastiV
FiraunSahure
LokasiAbusir
Tinggi / Alas47 m / 79x79m

KESIMPULAN

Piramida Mesir merupakan sebuah prestasi dari arsitektur kuno yang sangat luar biasa, membuat kita terheran-heran sampai saat ini. Struktur bangunannya mengingatkan pada kekuatan dan kekayaan yang luar biasa dari firaun Mesir Kuno. Meskipun piramida telah berusia ribuan tahun, tetapi bangunan ini masih menarik wisatawan dan ilmuwan dari seluruh dunia yang terpesona dengan ukuran, ketepatan, dan misteri yang mengelilinginya.

Piramida ini menjadi bukti nyata kecerdikan dan keterampilan orang Mesir Kuno, yang menginspirasi serta membuat kita terpesona untuk generasi yang akan datang.

PENUTUP

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang Daftar Piramida Terpopuler Mesir Kuno. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sedulur. Purnaning Atur Matur Nuwun #CMIIW #UPGRADEYOURKNOWLEDGE

xclnoob NET

Meet me xclnoob NET, a mere mortal who happens to be a writer and illustrator. I channeled my thoughts and feelings into the words of my writing with passion and a sense of creativity.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak