10 Rekomendasi Buku dan Novel Mitologi Mesir Terbaik

Rekomendasi Buku Mitologi Mesir Kuno

idnzero - Mitologi Mesir Kuno telah ada dan berkembang dari 4000 tahun sebelum Masehi. Orang Mesir melihat ketuhanan dalam segala hal mulai dari sungai, gurun, tumbuh-tumbuhan, matahari, bulan, bintang, bahkan binatang dalam kelahiran dan kematian. 

Sebagian ceritanya bertema tentang penciptaan dunia dan pemeliharaannya oleh para dewa.

Orang Mesir Kuno menciptakan dewa-dewi membingungkan yang tak terhitung jumlahnya. Penggambaran mengenai dewa di Mesir cukup menarik, terdapat ratusan dewa dengan wujud binatang, ada yang digambarkan dengan tubuh manusia dan kepala binatang, dan juga ada yang berbentuk manusia. 

Agama Mesir ini bersifat lokal, dengan pusat keagamaan yang berbeda memiliki dewa dan kosmologi yang berbeda. Cerita dari dewa dan dewi dalam mitologi Mesir kuno sama-sama ganas, mempesona dari mitologi bangsa lain dan tentunya sangat menyenangkan untuk dipelajari.

Terlepas dari kenyataan bahwa peradaban Mesir Kuno telah lama menghilang, namun mitologinya tetap menjadi warisan abadi yang terus memikat imajinasi orang di seluruh dunia.

Pada artikel ini akan dijelaskan secara rinci mengenai rekomendasi buku dan novel bertema Mitologi Mesir. Mulai dari tipe fiksi, nonfiksi, serta cerita untuk anak-anak, silahkan tentukan sendiri bacaan eksklusif kalian dari daftar berikut ini: 

{getToc} $title={Table of Contents}

Buku Mitologi Mesir

Buku Mesir Kuno

#1. Mitologi Mesir: Cerita Klasik tentang Dewa, Dewi, Monster, dan Manusia - karya Donna Jo Napoli

Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia
Tahun Terbit 2017
Jumlah Halaman 192 Halaman

Nomor Satu! Pengisahan kembali dari Donna Jo Napoli tentang kisah-kisah mitologi Mesir sangat menggugah dan penuh dengan rasa takjub. Pada buku ini juga terdapat penambahan deskripsi tentang emosi dan motivasi dari setiap karakter. 

Selanjutnya elemen yang gelap dari mitologi Mesir kuno tidak dibahas secara gamblang, sehingga sangat ramah untuk anak-anak. Terlebih lagi, karangan mitologi Mesir diilustrasikan dengan indah oleh Christina Balit. Hampir setiap halaman memiliki gambar-gambar cerah yang melengkapi teks dan memberi anak-anak sesuatu untuk lebih memicu imajinasi mereka.

Buku ini sudah tersedia dalam bahasa Indonesia, sehingga sangat cocok bagi kalian yang baru ingin belajar tentang Mitologi Mesir. Recommended!

#2. Egyptian Mythology: A Guide to the Gods, Goddesses, and Traditions of Ancient Egypt - karya Geraldine Pinch 

PenerbitOxford University Press
Tahun Terbit2004
Jumlah Halaman255 Halaman

Kedua, Jika kalian lebih mencari pengantar mitologi Mesir yang lebih dapat diandalkan dan lebih serius, buku ini adalah jawabannya. Buku ini sangat komprehensif dan mencakup kepercayaan Mesir dari 3200 SM sampai 0 M yang sangat lengkap. 

Dimulai dari waktu tahapan dalam sejarah mistis dengan menggambarkan bagaimana kepercayaan orang Mesir Kuno yang berkembang di sekitar Sungai Nil. Bahkan ada bagian A-Z yang menggambarkan semua dewa, makhluk, dan konsep dasar beserta prinsip mengenai sistem kepercayaan Mesir Kuno yang lebih luas dan kompleks.

#3. The Egyptian Book of the Dead: The Book of Going Forth by Day - karya Raymond Faulkner and Ogden Goelet

Penerbit Chronicle Books
Tahun Terbit 2015
Jumlah Halaman 200 Halaman

The Egyptian Book of the Dead adalah salah satu sumber utama untuk mempelajari mitologi dan kepecayaan Mesir Kuno, dan tentunya salah satu yang paling menarik bagi orang awam. Penguburan merupakan hal yang penting dalam agama Mesir Kuno yang ditulis selama Kerajaan Baru. 

Dimana orang yang telah meninggal ditempatkan di peti mati atau ruang pemakaman yang berisikan mantra untuk membantu perjalanan individu melalui Duat. Duat merupakan dunia bawah yang dikuasai oleh Dewa Osiris.

Sangat cocok bagi kalian yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kepercayaan dari bangsa Mesir Kuno.

#4. The Search for God in Ancient Egypt - karya Jan Assmann 

Penerbit Cornell University Press
Tahun Terbit 2001
Jumlah Halaman 288 Halaman

Keempat, Jan Assmann adalah nama yang cukup besar di dunia Egyptology. Beliau juga terlibat dalam budaya dan memori kolektif. Dalam buku ini terdapat deskripsi literal tentang cara kerja sistem kepercayaan Mesir kuno, dengan contoh-contoh dari sastra, karya seni, himne, dan berbagai tulisan.

Buku ini bercorak teks  akademis, jadi tidak disarankan untuk langsung memulai mempelajari dari sini. Walapun, The Search for God in Ancient Egypt sangat banyak di pasaran untuk saat ini.

#5. Mitologi Mesir - karya Don Nardo

Penerbit Oncor
Tahun Terbit 2011
Jumlah Halaman 144 Halaman

Spesial karena paling banyak di pasaran Indonesia. Dalam buku ini, dapat menemui kehidupan masyarakat sehari-hari orang Mesir kuno dalam banyak hal sangat berbeda dengan negara-negara barat modern. Sangat informatif namun mudah dibaca ini mengeksplorasi kehidupan istimewa firaun Mesir dan keluarga kerajaan lainnya. 

Harga dari buku ini relatif terjangkau, kalian hanya perlu mengerluarkan Rp 30.000 - Rp 50.000 di toko online untuk memilikinya.

Buku Mitologi Mesir

#6. Tales of Ancient Egypt Book - karya Roger Lancelyn Green

Penerbit Puffin Classics
Tahun Terbit -
Jumlah Halaman 256 Halaman

Buku yang ini bisa menjadi pengantar ringan untuk mempelajari mitologi Mesir kuno yang  direkomendasikan. Maha karya dari Roger Lancelyn Green, menyajikan mitologi Mesir dengan cara yang mudah diakses dan menarik bagi anak-anak. Mendongeng mungkin lebih dekat dengan bagaimana orang tua Mesir kuno menceritakan kisah-kisah ini kepada anak-anak mereka. 

#7. The Ancient Gods Speak: A Guide to Egyptian Religion - karya Donald B. Redford

Penerbit Oxford University Press
Tahun Terbit 2002
Jumlah Halaman 432 Halaman

Sangat Tebal! Membahas tentang topik utama dalam mitologi dan agama Mesir Kuno, yang disusun dalam urutan abjad seperti dalam ensiklopedia. Jika kalian tidak tahan dengan tulisan akademis seperti urutan yang keempat, buku ini jelas tidak cocok. 

Topik yang dibahas pada buku ini berkisar dari dewa dan dewi hingga konsep tentang akhirat, akh, bahkan surga.

Akan tetapi gaya bahasanya masih dapat dipahami untuk orang awam, meskipun mungkin lebih terpelajar dan intelektual daripada buku pengantar ensiklopedis lainnya. Dengan sepenuh hati dapat direkomendasikan kepada siapa pun yang secara serius mempelajari subjek ini di tingkat mana pun. Sebagai patokan, kualitas dan kenyamanannya tidak tertandingi. 

#8. The Kane Chronicles - karya Rick Riodan

Penerbit -
Tahun Terbit 2010–2012
Jumlah Halaman - Halaman

Hampir mirip dengan seri novel populer dari Rick Riodan yaitu Percy Jackson. Akan tetapi alih-alih seperti ayah Carter dan Sadie menjadi dewa, dia adalah seorang Egyptologist. Menceritakan dia yang memanggil sosok misterius dari Rosetta Stone dan dia mengusirnya. 

Buku ini dapat mendorong masuk ke dalam dunia mitologi Mesir dan mereka menemukan bahwa dewa-dewa Mesir kuno kembali ke dunia. Selain itu, beberapa dari mereka berencana untuk menjerumuskan dunia ke dalam kehancuran. Seri ini memiliki tiga buku yang dimulai dengan The Red Pyramid dan sangat cocok untuk penggemar Rick Riordan atau seri lainnya.

#9. Pantheon - karya Hamish Steele

Penerbit Nobrow 
Tahun Terbit 2017
Jumlah Halaman 224 Halaman

Novel yang satu ini begitu menyenangkan dan menunjukkan dengan cukup akurat  seberapa jauh mitos Mesir berjalan. Diilustrasikan dengan gaya sederhana yang mudah dipahami, Hamish Steele menyajikan beberapa kisah terpenting dalam mitologi Mesir, termasuk kisah Dewa Amun menciptakan alam semesta dan kisah epik tentang bagaimana Dewa Osiris menjadi penguasa dunia bawah, yang mengarah ke sebuah cerita menarik.

Walaupun buku ini tidak cocok sebagai sumber untuk karya akademis. Akan tetapi, mungkin saja merupakan pengantar yang bagus untuk dunia mitos Mesir dan akan membuat kalian tertawa ketika membaca novelnya.

#10. The Egyptian Box - karya Jane Louise Curry

Penerbit Aladdin
Tahun Terbit 2002
Jumlah Halaman 186 Halaman

Novel ini cocok untuk remaja, berfokus pada Tee yang telah dikeluarkan dari Maine dan pindah ke California untuk tinggal di sebuah rumah yang dia warisi dari paman buyutnya. Itu bukan satu-satunya hal yang dia warisi darinya, ada juga boneka kayu yang terlihat seperti mumi setengah terbungkus. 

Boneka itu muncul untuk Shabbat dan hidup kembali untuk melakukan apa pun yang Tee perintahkan yaitu pekerjaan rumah, pekerjaan rumah, atau apa pun. Terkecuali jika shabti mulai terlalu menikmati hidup Tee dan sekarang dia harus menemukan cara untuk mengakhirinya. Inti ceritanya tentang petualangan dari paranormal.

Ada di nomor urutan berapa yang akan menjadi bacaan pertama kalian? 

PENUTUP

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang 10 Rekomendasi Buku dan Novel Mitologi Mesir. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sedulur. Purnaning Atur Matur Nuwun #CMIIW #UPGRADEYOURKNOWLEDGE

xclnoob NET

Meet me xclnoob NET, a mere mortal who happens to be a writer and illustrator. I channeled my thoughts and feelings into the words of my writing with passion and a sense of creativity.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak