Joseph Campbell: Biografi, Kisah Hidup, dan Karya

Biografi Joseph Campbell


idnzero - Joseph Campbell adalah seorang mitolog penulis, sarjana, dan pembicara asal Amerika Serikat. Beliau juga seorang profesor yang mengajar di Sarah Lawrence College di bidang sastra. Dia paling dikenal karena karya buku nya yang berjudul The Hero with Thousand Faces yang membahas tentang struktur mitologis perjalanan pahlawan dalam mitos dunia. 

Selain itu, Campell memiliki minat penuh terhadap mitologi, budaya, filsafat, bahasa, agama komparatif, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah biografi lengkapnya:

{getToc} $title={Table of Contents}

Joseph Campbell

Nama Lengkap John Joseph Campbell
Kelahiran 26 Maret 1904 di New York, Amerika Serikat
Meninggal 30 Oktober 1987 (Usia 83) di di Honolulu, Hawaii
Istri Jean Erdman
Almamater Universitas Columbia

Perjalanan Hidup

Joseph Campbell dibesarkan dalam keluarga kelas menengah beragama Katolik Irlandia. Momen yang paling berkesan adalah ketika ia berusia tujuh tahun. Ayahnya mengajaknya menonton Wild West karya Buffalo Bill. 

Pertunjukan itu membuat Campbell menjadi terobsesi dan terpesona dengan sosok seorang Indian Amerika. Itu membuat, dia sering membaca buku bertema penduduk asli Amerika dan juga sering mengunjungi berbagai Museum Sejarah disana. 

Pada awalnya, dia memulai studi biologi dan matematika di Dartmount College. Akan tetapi, Campbell menyadari bahwa ia tidak passion disana dan pindah ke Universitas Columbia dengan mengambil bidang sastra. Hati kemanusiaannya sangat besar, di tahun 1925 ia akhirnya memperoleh gelar Bachelor of Arts dalam sastra inggris dan tahun 1927 memperoleh gelar Master of Arts dalam sastra abad pertengahan. 

Setelah itu, dia melanjutkan lagi studinya di Universitas di Paris, Perancis dan Munich, Jerman. Saat di luar negeri ia mulai dipengaruhi oleh tokoh seni Pablo Picasso dan Henri Matisse, tokoh novel James Joyce dan Thomas Mann, dan tokoh studi psikologis Sigmund Freud dan Carl Jung.

Setelah mempelajari berbagai narasi mitos dan budaya di seluruh dunia serta sepanjang zaman, ia mulai mencetuskan gagasan terhadap tema univesersal. 

Dalam buku mahakaryanya The Hero with a Thousand Faces, Campbell memperkenalkan sebuah konsep Perjalanan Pahlawan (Hero's Journey). 

Pemahaman tentang konsep ini dalam Hero's Journey bertemu dengan kekuatan yang harus dia kalahkan. Setelah itu, dia harus menunjukan kekuatan yang besar. Dan akhirnya menang, mengalami perubahan, dan kembali ke rumah dengan tujuan yang lebih tinggi. Konsep ini menjadi cerminan untuk menemukan keutuhan dan beralih dari mengembara melalui kehidupan ke hidup dengan tujuan.

Perjalanan Pahlawan memiliki 12 tahapan pokok didalamnya antara lain dunia biasa, panggilan petualangan, penolakan pangilan, bertemu dengan guru, melewati ambang batas, tes musuh/sekutu, pendekatan ke gua yang terdakan, tantangan hidup, hadiah, jalan kembali, kebangkitan, dan kembali ke elixir. 

Joseph Campbell menegaskan bahwa ada satu pola perjalanan pahlawan dan bahwa semua budaya berbagi pola penting ini dalam berbagai mitos mereka. 

Dalam karya bukunya Campbell juga menguraikan tentang kondisi dasar, tahapan, dan hasil perjalanan pahlawan pola dasar.

Teori Monomyth juga pernah dipopulerkan oleh Joseph Campbell. Teori ini menunjukkan akan adanya tema naratif umum dalam semua cerita mitologi lintas budaya di sepanjang sejarah. Akan tetapi, konsep ini pertama kali diusung oleh James Joyce. 

Meskipun Campbell adalah seorang profesor, penulis, dan editor yang hebat, bakatnya untuk mendongeng dan memberikan kuliah umum yang memungkinkannya menjadi tokoh masyarakat yang berpengaruh. 

Setelah 38 tahun lama, dia berkarir sebagai dosen di Sarah Lawrence College, Campbell pensiun pada tahun 1972. 

Karya

Semasa hidupnya, Joseph Campbell banyak menulis dan menyunting berbagai buku. Di antara banyak karya beliau, berikut ini adalah daftar karya rekomendasi untuk lebih dalam mengetahui perjalanan menyelusuri mitologi dari Campbell: 

  • The Hero with a Thousand Faces
  • The Hero's Journey
  • The Mask of God
  • Transformations of Myth Through Time
  • Goddesses: Mysteries of the Feminine Divine
  • Creative Mythology
  • The Masks of God: Primitive Mythology 
  • The Mythic Image
  • Myths to Live By
  • Follow Your Bliss

Joseph Campbell
Foto Joseph Campbell

Kutipan Populer

Berikut ini adalah quotes atau kutipan yang sangat mendalam tentang kehidupan alam semesta dari Joseph Campbell yang diambil dari berbagai karyanya:

    • "Pahlawan adalah seseorang yang telah memberikan hidupnya untuk sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri." 
    • "Gua yang Anda takuti untuk masuki menyimpan harta yang Anda cari." 
    • "Tujuan hidup adalah untuk membuat detak jantung Anda sesuai dengan detak alam semesta, untuk mencocokkan sifat Anda dengan Alam." 
    • “Hidupmu adalah buah dari perbuatanmu sendiri. Anda tidak memiliki siapa pun untuk disalahkan kecuali diri Anda sendiri. ” 
    • “Hidup tidak ada artinya. Masing-masing dari kita memiliki makna dan kita menghidupkannya. Sia-sia untuk mengajukan pertanyaan ketika Anda adalah jawabannya. ”
    • "Ikuti kebahagiaanmu dan alam semesta akan membuka pintu di mana hanya ada dinding." 
    • “Keistimewaan seumur hidup adalah menjadi diri sendiri.”
    • “Ketika kita berhenti memikirkan terutama tentang diri kita sendiri dan pelestarian diri kita sendiri, kita mengalami transformasi kesadaran yang benar-benar heroik.” 
    • “Kita begitu terlibat dalam melakukan hal-hal untuk mencapai tujuan nilai luar sehingga kita melupakan nilai batin, kegairahan yang diasosiasikan dengan hidup, adalah tentang semua itu.” 
    • "Mitos adalah mimpi publik, mimpi adalah mitos pribadi."
    • “Mitos jauh lebih penting dan benar daripada sejarah. Sejarah hanyalah jurnalisme dan Anda tahu betapa andalnya itu.”
    • “Semua agama itu benar tetapi tidak ada yang literal.”
    • “Peluang untuk menemukan kekuatan yang lebih dalam di dalam diri kita datang ketika hidup tampak paling menantang.”

    "Mitologi bukanlah kebohongan, mitologi adalah puisi, itu metaforis. Telah dikatakan dengan baik bahwa mitologi adalah kebenaran kedua dari belakang — kedua dari belakang karena yang terakhir tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Ini melampaui kata-kata. Di luar gambar, di luar batas Roda Penjelmaan Buddhis itu. Mitologi menempatkan pikiran di luar batas itu, pada apa yang bisa diketahui tetapi tidak diceritakan.”

    - Joseph Campbell

    Kematian

    Pada 30 Oktober 1987, Joseph Campbell meninggal di rumahnya yang berada di Honolulu, Hawaii, setelah berjuang hebat melawan kanker kerongkongan. Joseph Campbell meninggal pada usia yaitu delapan puluh tiga tahun. 

    Tidak lama setelah itu, pada Oktober 1987 didirikannya Yayasan Joseph Cambpell. Yayasan ini bertujuan agar karya beliau tetap hidup dan dapat diakses.

    PENUTUP

    Nah, itulah penjelasan lengkap tentang biografi seorang Joseph Campbell. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sedulur. Purnaning Atur Matur Nuwun #CMIIW #UPGRADEYOURKNOWLEDGE

    xclnoob NET

    Meet me xclnoob NET, a mere mortal who happens to be a writer and illustrator. I channeled my thoughts and feelings into the words of my writing with passion and a sense of creativity.

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak